Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Judul Modul : Budaya Positif

Oleh: Sulistyo Mei Juwitasari (Calon Guru Penggerak Angkatan 10)

LATAR BELAKANG

Budaya positif di sekolah sejalan dengan filosofi KHD dalam menciptakan pendidikan yang berpusat pada murid, holistik, dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan. Budaya positif dapat membantu murid untuk berkembang menjadi individu yang mandiri, berkarakter mulia, dan mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat.

Sekolah berusaha menciptakan suatu pembiasan-pembiasan untuk melakukan buday positif. budaya yang akan menjadi kebiasaan yang secara rutin dan kontinu dilakukan setiap hari disekolah oleh semua warga sekolah.

TUJUAN

  • Menanamkan budaya positif disekolah sesuai profil pelajar pancasila
  • Menerapkan budaya positif dikelas agar menumbuhkan sikap saling menghargai,percaya diri, tanggung jawab dll
  • mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid
  • menerapkan segitiga restitusi dalam menyelesaikan masalaH

TOLOK UKUR

  • Menerapkan budaya positif secara konsisten oleh warga sekolah
  • Terbentuknya keyakinan kelas dengan dimulai dari kesepakatan kelas antara murid dengan guru
  • Terbentuknya murid yang berkarakter dan berbudi luhur
  • Penerapan segitiga restitusi dalam menghadapi permasalah pada murid

LINI MASA

  • Memfasilitasi murid membuat keyakinan kelas
  • Menerapkan budaya positif, segitiga restitusi, dan menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati secara konsisten
  • Menanamkan kebiasaan yang positifsehingga menjadi pembiasan di lingkungan kelas maupun sekolah
  • Membuat dokumentasi

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

  • Kepala Sekolah
  • Rekan Guru dan Staff
  • Murid
  • Sarana dan Prasarana sekolah