Judul Modul : Budaya Positif
Oleh: Sulistyo Mei Juwitasari (Calon Guru Penggerak Angkatan 10)
LATAR BELAKANG
Budaya positif di sekolah sejalan dengan filosofi KHD dalam menciptakan pendidikan yang berpusat pada murid, holistik, dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan. Budaya positif dapat membantu murid untuk berkembang menjadi individu yang mandiri, berkarakter mulia, dan mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat.
Sekolah berusaha menciptakan suatu pembiasan-pembiasan untuk melakukan buday positif. budaya yang akan menjadi kebiasaan yang secara rutin dan kontinu dilakukan setiap hari disekolah oleh semua warga sekolah.
TUJUAN
- Menanamkan budaya positif disekolah sesuai profil pelajar pancasila
- Menerapkan budaya positif dikelas agar menumbuhkan sikap saling menghargai,percaya diri, tanggung jawab dll
- mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid
- menerapkan segitiga restitusi dalam menyelesaikan masalaH
TOLOK UKUR
- Menerapkan budaya positif secara konsisten oleh warga sekolah
- Terbentuknya keyakinan kelas dengan dimulai dari kesepakatan kelas antara murid dengan guru
- Terbentuknya murid yang berkarakter dan berbudi luhur
- Penerapan segitiga restitusi dalam menghadapi permasalah pada murid
LINI MASA
- Memfasilitasi murid membuat keyakinan kelas
- Menerapkan budaya positif, segitiga restitusi, dan menjalankan keyakinan kelas yang sudah disepakati secara konsisten
- Menanamkan kebiasaan yang positifsehingga menjadi pembiasan di lingkungan kelas maupun sekolah
- Membuat dokumentasi
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
- Kepala Sekolah
- Rekan Guru dan Staff
- Murid
- Sarana dan Prasarana sekolah
Komentar Terbaru